Minggu, 11 April 2010

Ayah, aku ingin bicara ! - Seri 2

2. "Ayah, tunjukkan kasih sayang Ayah melalui perbuatan, bukan hanya dengan kata-kata"

Wujudkanlah perkataan ayah menjadi sebuah tindakan kasih yang benar. Menetapkan batasan kepada para remaja merupakan salah satu bentuk tindakan kasih sayang. Ibrani 12:6 mengatakan bahwa Allah menghajar orang yang dikasihi-Nya dan Ia mencambuk orang yang diakui-Nya sebagai anak. Ketika para ayah memberikan kebebasan dan melengkapinya dengan memberikan pengarahan, para remaja merasa disayangi. Namun, kebebasan yang berlebihan membuat para remaja merasa ayah menelantarkan mereka. Ketika para remaja merasa ayah bersikap masa bodoh, mereka pun akan mengambil sikap serupa terhadap diri mereka.

Generasi kita sangat membutuhkan para ayah yang bersedia menunjukkan perhatian dengan cara yang benar, sehingga mereka langsung tahu ketika dunia memberikan kasih sayang yang keliru kepada mereka. Jika para remaja tidak mendapatkan kasih sayang (yang benar) yang mereka butuhkan, mereka akan sengaja mencarinya di manapun mereka bisa mendapatkannya. Ayah, jangan memanfaatkan anak anda, jangan merusak citra diri anda sebagai ayah mereka ! Mengasihi para remaja dapat dilakukan dengan meluangkan waktu ayah untuk terlibat dalam kehidupan pribadi maupun mengobrol dengan mereka. Ayah, libatkan diri anda dalam kegiatan acara sekolah atau kelompok anak muda bersama anak anda. Sangat penting bagi mereka untuk dapat merasakan bahwa Ayah menghargai dan mempercayai mereka melalui kesediaan Ayah meluangkan waktu bagi mereka.

Sebagai ayah, salah satu cara terbaik untuk mengomunikasikan kasih sayang kepada anak anda adalah melalui sentuhan. Terkadang sentuhan itu hanyalah sebuah tepukan di punggung atau sentuhan tangan di pundak anak anda. Ayah yang mencium pipi remaja putra anda yang sudah beranjak dewasa tidak akan merusak sifat kelakian mereka. Para remaja putri yang dikasihi dengan sentuhan yang benar dari ayah, akan lebih tangguh dalam menghadapi godaan seksual. Inilah tugas besar bagi seorang ayah untuk memberi contoh bagaimana Allah mengasihi anakNya, menerima dan mendukung anak-Nya, tapi mendukung bukan berarti mengizinkan melakukan hal yang tidak benar.

Tunjukkan kasih sayang ayah melalui komitmen bagi anak anda. Tepati janji yang telah diberikan kepada anak. Tunjukkan kasih sayang ayah melalui pemberian hadiah, namun menyediakan waktu bersama anak anda tetaplah nomor satu. Memberi hadiah kepada anak, berarti para remaja akan mengerti bahwa mereka aman, dikehendaki dan diterima dengan tangan terbuka.

AKSI PARA AYAH:
  • Batasan realistis bagi anak-anak remaja, berarti ayah juga menyayangi mereka.
  • Pelecehan seksual sama sekali bukan kasih sayang.
  • Para ayah yang cerdas menyediakan waktu, memberi waktu dan muncul tepat pada waktunya.
  • Sentuhan yang pantas mencerminkan besarnya kasih sayang ayah.
  • Penuhi janji ayah.

1 komentar: